Jurnal Pendidikan

  • Beranda
  • TK/PAUD
  • SD
  • SMP
  • SMA
  • SMK
  • Peraturan
  • Artikel
  • About
Home » 4 » SD » PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA MATERI KONSEP STRUKTUR ORGAN TUBUH MANUSIA DAN FUNGSINYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE BAGI SISWA KELAS IV SD

PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA MATERI KONSEP STRUKTUR ORGAN TUBUH MANUSIA DAN FUNGSINYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE BAGI SISWA KELAS IV SD

Pembelajaran IPA merupakan usaha manusia dalam memahami alam dan kehidupan. Pembelajaran IPA khususnya kompetensi struktur organ tubuh manusia merupakan kompetensi pembelajaran yang masih mudah bagi siswa kelas IV di SD Negeri Joho 02. Berdasarkan kenyataan dari hasil ulangan harian tentang konsep Struktur Organ Tubuh Manusia Dengan Fungsinya dari 15 siswa hanya 5(33,33%) siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata kelas 66,67 padahal ketuntasan minimal adalah 70,0.
Pada kenyataan siswa kurang bergaiaran dalam menerima pelajaran, sehingga hasil belajar rendah. Hasil belajar rendah disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya tidak tepatnya guru dalam pembelajaran. Dimana pembelajaran yang diterapkan masih dominan penggunaan metode ceramah dan guru sebagai satu-satunya sumber belajar.
Guru dalam memberikan pelajaran dengan menggunakan metode ceramah terus menerus mengakibatkan siswa menjadi jenuh, siswa hanya mendengarkan saja, siswa banyak yang mengantuk. Akhirnya siswa banyak yang bosan dengan gaya mengajar guru yang monoton.


Belum ada komentar untuk "PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA MATERI KONSEP STRUKTUR ORGAN TUBUH MANUSIA DAN FUNGSINYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE BAGI SISWA KELAS IV SD"

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Langganan: Posting Komentar (Atom)
Diberdayakan oleh Blogger.
Copyright 2013 Jurnal Pendidikan - All Rights Reserved
by Mas Sugeng - Powered by Blogger Template Free