Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan motivasi belajar dari kondisi awal ke siklus II terdapat peningkatan: aspek tanggung jawab dari cukup menjadi baik; aspek tekun dari cukup baik menjadi amat baik; aspek memiliki sebuah usaha dari cukup baik menjadi amat baik; aspek memperhatikan umpan balik dari cukup baik menjadi baik; aspek waktu penyelesaian tugas dari cukup baik menjadi baik; dan aspek menetapkan tujuan yang realistis cari cukup baik menjadi amat baik dan dapat meningkatkan kemampuan belajar matematika tentang operasi hitung soal cerita pada siswa kelas V SD Negeri Gadingan 03 semester I tahun pelajaran 2012 /2013. Hasil ulangan harian siklus II mengalami peningkatan disbanding dengan kondisi awal. Ketuntasan siswa pada siklus II mencapai 100%. Nilai rata-rata kelas juga meningkat dari 67,25 menjadi 78,00 meningkat 10,75.