Jurnal Pendidikan

  • Beranda
  • TK/PAUD
  • SD
  • SMP
  • SMA
  • SMK
  • Peraturan
  • Artikel
  • About
Home » 5 » SD » JURNAL PTK Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika tentang Penjumlahan dan PenguranganPecahan Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Bagi Siswa Kelas V

JURNAL PTK Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika tentang Penjumlahan dan PenguranganPecahan Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Bagi Siswa Kelas V

Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif menggunakan analisis deskriptif komparatif yaitu membandingkan nilai kondisi awal, nilai tes setelah siklus I, dan nilai tes setelah siklus II. Sedangkan data kualitatif  berdasarkan hasil observasi dan refleksi dari tiap-tiap siklus.
Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua  siklus prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran Contextual Teaching and Learning siswa kelas V SD Negeri Gayam 05 Sukoharjo mengalami peningkatan. Hal ini tampak dalam proses pembelajaran yang menunjukkan bahwa perhatian siswa meningkat, kerjasama antar siswa meningkat sehingga keterbukaan siswa dalam hal memperoleh pengetahuanpun meningkat, ketekunan dalam memperoleh pembelajaran semakin meningkat, dan keaktifan siswa meningkat dalam hal bertanya dan mengeluarkan pendapatnya. Sedangkan hasil  belajar dari kondisi awal ke siklus II mengalami peningkatan yaitu prosentase nilai ketuntasan  dari 47,37%  menjadi 89,47% terjadi peningkatan sebesar 42,10%. Nilai rata-rata dari 54,92 menjadi 71,63 meningkat sebesar 16,71.



Belum ada komentar untuk "JURNAL PTK Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika tentang Penjumlahan dan PenguranganPecahan Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Bagi Siswa Kelas V "

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Langganan: Posting Komentar (Atom)
Diberdayakan oleh Blogger.
Copyright 2013 Jurnal Pendidikan - All Rights Reserved
by Mas Sugeng - Powered by Blogger Template Free