Prosedur peneilitian yang digunakan yaitu prosedur jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yatu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Analisis data kualitatif model pembelajaran dianalisis menggunakan analisis deskritif kualitatif dengan membandingkan siklus I dan siklus ke II sedangkan data yang berupa angka (kuantitatif) dari hasil belajar siswa dianalisis menggunakan deskriptif komparatif yaitu membandingkan nilai tes kondisi awal, nilai siklus 1 dan nilai tes siklus II kemudian difleksi.
Hasil penelitian melalui pembelajaran kooperatif Tipe Numbered Heads Together dapat meningkatkan proses pembelajaran dari siklus I ke siklus II tentang kompetensi perkalian berlangsung dengan lancar dan mengalami peningkatan dibandingkan dengan siklus I, dari kurang aktif menjadi aktif, dari kerjasamanya kurang baik menjadi baik, dari dan dari suasana kurang menyenangkan menjadi menyenangkan. Dari kondisi awal ke siklus II mengalami peningkatan kompetensi perkalian yaitu dari 6 ( 28,57%) siswa yang mendapat nilai tuntas menjadi 21 (100%) meningkat 15 (71,43%). Nilai rata-rata dari 55,85 menjadi 82,85 meningkat sebesar 27. Terjadi perubahan perilaku siswa kelas II SD Negeri Celep 01 ke arah positip. Perubahan tersebut dari kurang aktif menjadi aktif, dari kerjasamanya kurang baik menjadi baik, dan dari suasana kurang menyenangkan menjadi menyenangkan.