Hasil penelitian melalui strategi pembelajaran make a match dapat meningkatkan proses pembelajaran dari siklus I ke siklus II terdapat peningkatan keaktifan dari kurang aktif menjadi aktif dan peningkatan kreativitas dari kurang kreatif menjadi kreatif.dan peningkatan kerjasama dari kurang baik menjadi baik. Dari Kondisi awal dengan siklus II mengalami peningkatan tentang kompetensi siswa yaitu nilai belum tuntas dari 14 siswa (82,35%) turun menjadi 0 siswa (0,00%) turun 14 (82,35%), Nilai tuntas dari 3 siswa (17,65%) menjadi 17 siswa (100%) yaitu meningkat 14 siswa (82,35%). Nilai rata-rata 60,58 meningkat menjadi 80,58 yaitu meningkat 20. Perubahan perilaku siswa kelas II SD Negeri Pojok 03 semester ii tahun pelajaran 2010/2011 mengalami perubahan perilaku ke arah positip. Perubahan tersebut dari kurang aktif menjadi aktif, dari kurang kreatif menjadi kreatif, serta kerja sama kurang kurang baik menjadi baik.