Hasil belajar, Dimulai dari masalah yang dihadapi siswa hasil ulangan nilai rendah dan diakhiri ada perubahan peningkatan hasil belajar direkomendasiakan belajar biologi tentang bakteri dengan mengunakan metode jigsaw dapat meningkatkan nilai rata-rata 75 yang dicapai pada kondisi awal setelah diadakan tindakan kelas dengan menggunakan metode jigsaw, pada kondisi akhir menjadi nilai rata-rata 92 dengan demikian ada peningkatan sebesar 22,66 %. Proses pembelajaran biologi dari kondisi awal ke kondisi akhir terdapat peningkatan yang semula masih banyak siswa yang pasif, Sebagian besar siswa tidak berani bertanya Aktifitas siswa dalam belajar dan diskusi masih rendah setelah dilakukan tindakan kelas menjadi Siswa yang pasif sedikit saat kerja kelompok, Sangat sedikit siswa tidak berani bertanya saat diskusi, Aktifitas siswa dalam diskusi tinggi. Siswa mendapat pengalaman belajar secara kelompok, berani mengemukakan didepan temanya, bertanggung jawab, latihan kerja sama, mau menerima kritik dan saran. secara keseluruhan, pembelajaaran biologi dengan menggunakan metode jigsaw dikatakan berhasil, karena dapat meningkatkan hasil belajar biologi tentang bakteri bagi siswa kelas X