Menurut teoritik dan empirik hasil penelitian tindakan kelas menggunakan model Paikem dapat disimpulkan sebagai berikut :
1. Melalui model Paikem dapat meningkatkan aktivitas dalam pembelajaran bahasa Indonesia tentang kompetesi menulis karangan bagi siswa kelas V SD Negeri Banaran 01 semester I tahun pelajaran 2010/2011 Dari siklus I ke siklus II, terdapat peningkatan aktivitas, dari jumlah skor 43 menjadi 58 meningkat 15, rata-rata 2,68 menjadi 3,62, meningkat 0,94 prosentase 53,7 % menjadi 72,5%. Meningkat 18,88 Dari kategori cukup aktif menjadi aktif
2. Melalui model Paikem dapat meningkatkan kreativitas dalam pembelajaran bahasa Indonesia tentang kompetesi menulis karangan bagi siswa kelas V SD Negeri Banaran 01 semester I tahun pelajaran 2010/2011 Dari siklus I ke siklus II, terdapat peningkatan Kreatifitas, dari jumlah skor 44 menjadi 57 meningkat 13, rata-rata 2,75 menjadi 3,56, meningkat 0,81 prosentase 55 % menjadi 71,25%. Meningkat 16,25 Dari kategori cukup kreatif menjadi kreatif
3. Melalui model Paikem dapat meningkatkan efektivitas dalam pembelajaran bahasa Indonesia tentang kompetesi menulis karangan bagi siswa kelas V SD Negeri Banaran 01 semester I tahun pelajaran 2010/2011 Dari siklus I ke siklus II, terdapat peningkatan efektivitas dari jumlah skor 42 menjadi 57 meningkat15, rata-rata 2,62 menjadi 3,56, meningkat 0,94 prosentase 52,5 % menjadi 71,25%. meningkat 18,75.Dari kategori cukup efektif menjadi efektif
4. Melalui model Paikem dapat meningkatkan suasana belajar dalam pembelajaran bahasa Indonesia tentang kompetesi menulis karangan bagi siswa kelas V SD Negeri Banaran 01 semester I tahun pelajaan 2010/2011 Dari siklus I ke siklus II, terdapat peningkatan suasana belajar , dari jumlah skor 40 menjadi 60 meningkat 20, rata-rata 2,5 menjadi 3,75 meningkat 1,25, prosentase 50 % menjadi 75%. meningkat 25 % Dari kategori cukup menyenangkan menjadi menyenangkan