Hasil Penelitian nontes pada siklus I diperoleh melalui observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi foto
Observasi dilaksanakan selama pembelajaran membaca intensif teks profil tokoh dengan pendekatan kontekstual komponen inquiry pada siswa kelas VI SD Negeri Pengkol 01 . Observasi ini dilaksanakan oleh peneliti sekaligus sebagai guru dengan bantuan seorang teman. Adapun objek sasaran observasi tersebut adalah: (1) sikap siswa terhadap teknik pembelajaran; (2) keaktifan siswa dalam bertanya dan berkomentar tentang materi yang dijelaskan; (3) semangat siswa dalam mengikuti pembelajaran membaca intensif teks profil tokoh; (4) keaktifan siswa dalam menemukan riwayat hidup tokoh, keistimewaan tokoh dan mencatat hal-hal yang bermanfaat; (5) ketertarikan siswa terhadap bahan bacaan yang disajikan oleh guru; (6) kecakapan siswa dalam menyimpulkan hasil temuannya; (7) keaktifan siswa dalam pembelajaran membaca intensif teks profil tokoh; (8) keaktifan siswa dalam menanggapi hasil kerja; (9) keaktifan siswa dalam mengerjakan tugas membaca intensif teks profil tokoh.
Kegiatan wawancara dilaksanakan setelah selesai pembelajaran pada siklus I. Sasaran wawancara difokuskan pada seorang siswa yang mendapatkan nilai tertinggi, cukup dan nilai yang terendah pada hasil tes membaca intensif teks profil tokoh. Wawancara ini mengungkap 7 butir pertanyaan sebagai berikut: (1) bagaimana pendapat siswa terhadap teks bacaan yang disajikan dalam pembelajaran; (2) bagaimana pendapat siswa mengenai penggunaaan pendekatan kontekstual komponen inquiry dalam pembelajaran; (3) kemudahan apa saja yang didapatkan siswa setelah dilaksanakannnya pembelajaran membaca intensif teks profil tokoh dengan pendekatan kontekstual komponen inquiry; (4) kesulitan apa saja yang ditemui siswa setelah mendapatkan pembelajaran membaca intensif teks profil tokoh melalui pendekatan kontekstual komponen inquiry; (5) manfaat apa saja yang diperoleh siswa dari kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan; (6) apa harapan siswa berkaitan dengan bahan bacaan yang disajikan untuk pertemuan selanjutnya; (7) apa harapan siswa mengenai kegiatan pembelajaran yang disajikan untuk pertemuan selanjutnya.