Jurnal Pendidikan

  • Beranda
  • TK/PAUD
  • SD
  • SMP
  • SMA
  • SMK
  • Peraturan
  • Artikel
  • About
Home » 11 » SMA » JURNAL PTK UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA BAKTERI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE JIGSAW BAGI SISWA KELAS X

JURNAL PTK UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA BAKTERI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE JIGSAW BAGI SISWA KELAS X

dari rata – rata 61.36 menjadi rata – rata 69.02 dilanjutkan  siklus I ke siklus II ada peningkatan  sebesar 15.38 % dari (69.00) rnenjadi nilai rata-rata 79.647. Serta  kondisi awal ke kondisi akhir ada peningkatan sebesar 29.79 % dari nilai rata-rata 61.36 menjadi 79.64. Dari kondisi awal ke kondisi akhir terdapat peningkatan hasil belajar sebesar 29.79 % dari nilai rata-rata 61,36 menjadi 79,64.dan hasil belajar menunjukkan diatas indikator kinerja nilai rata – rata diatas 70 bisa tercapai
Hasil penelitian telah menunjukan bahwa, dengan penggunaan metode jigsaw , dapat meningkatkan hasil belajar biologi tentang bakteri. Proses Pembelajaran, pada kondisi awal ke kondisi akhir terdapat peningkatan keaktifan siswa saar mengikuti proses pembelajaran biologi dengan metode jigsaw, yang digunakan guru dalam penyampaian materi tentang bakteri. Siswa mendapat pengalaman belajar dengan cara mengamat, praktek, dan latihan, sehingga materi yang disampaikan guru mudah untuk diingat. Oleh karena itu secara keseluruhan, pembelajaaran biologi dengan menggunakan metode jigsaw dikatakan berhasil, karena dapat Peningkatan hasil belajar biologi tentang bagi siswa kelas X


Untuk download contoh file jurnal PTK bisa unduh pada link berikut

Belum ada komentar untuk "JURNAL PTK UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA BAKTERI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE JIGSAW BAGI SISWA KELAS X"

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Langganan: Posting Komentar (Atom)
Diberdayakan oleh Blogger.
Copyright 2013 Jurnal Pendidikan - All Rights Reserved
by Mas Sugeng - Powered by Blogger Template Free