Pada tabel 12 ditunjukkan perubahan perilaku siswa dari siklus I ke siklus II. Kesepuluh jenis perilaku yang diamali mengalami perubahan pada siklus II, hal ini merupakan bukti bahwa terjadi perubahan perilaku siswa setelah dilakukan perbaikan pembelajaran kontekstual komponen inquiry. Untuk jenis perilaku siswa terbadap teknik pembelajaran yang digunakan oleh guru pada siklus I mencapai 56% dan pada siklus II meningkat menjadi 80%. Terjadi peningkatan sebesar 24% dari siklus I. Siswa mulai tertarik terhadap teknik pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Siswa mulai tertarik terhadap teknik pembelajaran yang digunakan oleh guru karena guru mengemas sedemikian rupa sehingga pembelajaran menjadi menarik dan tidak membosankan. Siswa mulai aktif dan bertanya dan berkomentar atau memberi tanggapan. Keaktifan siswa dalam bertanya dan berkomentar mencapai 40% sedangkan siklus II meningkat menjadi 78%. Terjadi peningkatan sebesar 38% dari siklus I. Peningkatan ini terjadi karena
reward yang diberikan oleh guru pada siklus II lebih menarik. Semangat siswa dalam mengikuti pembelajaran juga meningkat Siswa yang bersemangat dalsm pembelajaran siklus I sebesar 85% dan meningkat menjadi 86% pada siklus II. Terjadi peningkatan sebesar 33%. Peningkatan ini terjadi karena guru menggunakan metode diskusi sehingga siswa bersemangat dalam mengikuti pembelajaran karena dapat bertukar pikiran dengan anggota kelompoknya.