analisa data yang digunakan adalah diskription komperatif kuantitatif yaitu dengan cara membandingkan data – data pernyataan atau angka yang diperoleh dari hasil pengamatan proses pembelajaran baik terhadap Guru tentang penerapan model pembelajaran, ketersediaan media / alat peraga, penggunaan media/alat peraga mengajar, optimalisasi pemanfaatan media alat peraga dan siswa tentang : penerapan model pembelajaran,Pemanfaatan penggunaan media /alat peraga belajar, optimalisasi pemanfaatan penggunaan media / alat peraga belajar , serta aktivitas belajar siswa serta Hasil out put pembelajaran berupa hasil ulangan harian
Pada pelaksaan prosedur tindakan penelitian terbagi atas dua tahap siklus tindakan yaitu tahap tindakan siklus – 1 dan tindakan siklus – 2 dan tiap – tiap tindakan siklus terdapat empat langkah tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refeksi.tindakan siklus 1 penerapan model pembelajaran kooperatif STAD dengan kelompok belajar sedang 6 siswa tiap kelompok dengan mengoptimalkan pemanfaatan penggunaan Media pembelajaran model-model bangun ruang sisi datar, sedangkan siklus 2 penerapan model pembelajaran kooperatif STAD dengan kelompok belajar kecil 4 siswa tiap kelompok dengan mengoptimalkan pemanfaatan penggunaan Media pembelajaran model-model bangun ruang sisi datar.