Setelah diadakan penelitian tindakan kelas ini maka terlihat bahwa dengan penerapan metode group investigation pada siswa, peningkatan pembelajaran siswa meningkat dengan pesat, hal ini dikarenakan siswa merasa senang dan tidak bosan dalam mengikuti pelajaran. Pada penelitian ini dilakukan tes guna mengetahui kemampuan siswa pada pembelajaran geografi khusunya materi pokok pemanfaatan dan pelestarian lingkungan hidup. Tes yang dilakukan pada penelitian tindakan kelas ini melalui 2 siklus, setiap siklusnya mengalami peningkatan.
Penerapan metode group investigationn membawa dampak yang sangat besar bagi siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 3 Sukoharjo, hal ini dikarenakan dengan metode pembelajaran yang baru siswa menjadi lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran geografi pada materi pelestarian dan pemanfaatan lingkungan hidup.
Dengan kekreatifan guru dalam penyampaian pembelajaran dengan metode group investigation maka para siswa dapat lebih menyukai pelajaran geografi ini, yang semula dianggap dengan pelajaran yang sangat membosankan bagi para siswa sehingga prestasi belajar siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 3 Sukoharjo dapat meningkat dengan maksimal.
Melihat hasil penelitian yang telah tercapai maka saran yang dapat peneliti sampaikan adalah dalam setiap semua proses pembelajaran maka terlebih dahulu guru harus dapat mengetahui sejauh mana motivasi siswa dalam mengikuti pelajaran tersebut dan guru harus berusaha agar dapat meningkatkan pembelajaran geografi pada siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 3 Sukoharjo sehingga selama proses pembelajaran siswa merasa nyaman dan senang sehingga materi yang disampaikan akan dapat diterima dan dipahami oleh para siswa.