Hasil belajar menulis puisi siswa setelah diberi tindakn dua kali mengalami peningkatan. Pada saat sebelum tindakan atau kondisi awal nilai rata-rata masih di bawah target ketuntasan yakni 70,32. Setelah tindakan yang pertama atau siklus I ada peningkatan 2,01 atau 2,86%. Dari siklus I ke siklus II ada kenaikan 2,76 atau 3,82%. Dari kondisi awal ke siklus II kenaikan 4,77 atau 6,78%.
Peningkatan untuk pencapaian KKM dari kondisi awal untuk 31 siswa yang mencapai KKM ada 14 siswa, pada kondisi akhir 27 siswa yang telah mencapai KKM . Jadi ada peningkatan 41,94%.
Berdasarkan penelitian tindakan kelas yang telah peneliti lakukan dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran dengan media gambar dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar menulis puisi berkenaan dengan keindahan alam bagi siswa kelas VII A SMP Negeri 24 Surakarta pada semester II tahun 2012
Kepada para pendidik hendaknya selalu menciptakan pembelajaran Bahasa Indonesia yang menyenangkan diantaranya dengan penggunaan berbagai media, misalnya gambar. Selain itu, pendidik hendaknya selalu meningkatkan profesinya sehingga pendidik mampu melaksanakan program pembelajaran sesuai dengan tuntutan kurikulum.