Teknik nontes, digunakan untuk mengumpulkan data tentang aktivitas dan perubahan perilaku siswa selama proses pembelajaran tentang kemampuan menulis permulaan siswa yang berupa lembar observasi, catatan harian siswa dan guru, dan dokumen foto. Adapun perubahan perilaku yang diamati yaitu tentang keaktifan, kerjasa sama dan kreatifitas siswa.
Validitas Data dan Analisis Data
Untuk memperoleh data yang valid mengenai aktivitas dan kemampuan menulis permulaan siswa kelas I SD Negeri Majasto 01 semester II tahun pelajaran 2011/2012 yaitu.
Proses pembelajaran yang berupa hasil pengamatan divalidasi dengan melalui trianggulasi sumber yaitu data yang berasal dari siswa, guru, dan kolaborasi teman sejawat. Data kualitatif hasil pengamatan menggunakan analisis deskriftif kualitatif berdasarkan pengamatan dan refleksi dengan membandingkan siklus I dan siklus II.
Hasil belajar yang berupa nilai tes yang divalidasi adalah istrumen tes yang berupa butir soal dengan content validity diperlukan kisi-kisi soal. Data yang berupa angka (data kuantitatif menggunakan analisis deskrrptif komparatif yaitu membandingkan nilai tes kondisi awal, nilai tes siklus I, dan nilai tes siklus II kemudian direfleksi).
Perubahan perilaku dianalisis menggunakan analisis diskriptif kualitatif dengan membandingkan siklus I dan siklus II, kemudian direfleksi.