Jurnal Pendidikan

  • Beranda
  • TK/PAUD
  • SD
  • SMP
  • SMA
  • SMK
  • Peraturan
  • Artikel
  • About
Home » 11 » SMA » JURNAL PTK UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN MAJAS METAFORA MELALUI METODE CIRC (COOPERATIVE, INTEGRATED, READING, AND COMPOSITION) BAGI SISWA KELAS XI BAHASA

JURNAL PTK UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN MAJAS METAFORA MELALUI METODE CIRC (COOPERATIVE, INTEGRATED, READING, AND COMPOSITION) BAGI SISWA KELAS XI BAHASA

Penelitian ini menggunakan beberapa teknik pengumpulan data, yaitu sebagai berikut: 1). Observasi merupakan metode pengumpulan data dengan cara melakukan pengamatan langsung untuk mengumpulkan dan mencatat segala informasi serta hal-hal yang relevan dengan masalah penelitian, sehingga diperoleh katerangan mengenai gejala nyata dari objek yang diteliti. Mengenai perilaku dan kondisi lingkungan penelitian bisa dilakukan observasi baik secara formal ataupun informal (Spradley dalam Sutopo, 2002: 66). Peneliti mengamati siswa kelas XI Bahasa secara langsung serta mencatat keaktifan siswa selama proses pembelajaran dengan metode CIRC dalam kompetensi dasar menulis puisi, mulai dari pemilihan ide, penerapan diksi dan unsure pembangun puisi, pengembangan majas khususnya metafora, sampai pada penutup atau reisivi terhadap diksi yang kurang sesuai dengan topik. 2). Tes adalah serentetan pertanyaan atau latihan atau alat lain yang akan dugunakan untuk mengukur ketrampilan, pengetahuan dan intelegensi, kemampuan atau bakat yang dimiliki oleh individu atau kelompok. 3). Dokumentasi berasal dari pengambilan foto tentang intensitas, banyaknya siswa yang aktif menulis puisi bermajas metafora sebelum dan sesudah penelitian.
Teknik Analisa Data
Data yang diperoleh dari penelitian tindakan kelas ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif  yaitu berupa nilai tes setiap akhir siklus. Dalam meningkatkan keaktifan dan peningkatan hasil belajar tersebut, ditunjukan hasil tes dengan perolehan nilai 72 atau lebih besar 72 ( ≥ 72). Jika KKM yang diperoleh siswa dari tiap siklus meningkat maka hasil belajarnya meningkat. Data kualitatif yaitu berupa hasil observasi mengenai perubahan perilaku siswa dalam  proses belajar yang dapat dilihat salah satunya melalui kegiatan menulis puisi bermajas metafora.


Untuk download contoh file jurnal PTK bisa unduh pada link berikut

Belum ada komentar untuk "JURNAL PTK UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN MAJAS METAFORA MELALUI METODE CIRC (COOPERATIVE, INTEGRATED, READING, AND COMPOSITION) BAGI SISWA KELAS XI BAHASA"

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Langganan: Posting Komentar (Atom)
Diberdayakan oleh Blogger.
Copyright 2013 Jurnal Pendidikan - All Rights Reserved
by Mas Sugeng - Powered by Blogger Template Free