Prosedur penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan tekhnik observasi ,wawancara dan angket untuk data kwalitatif, dan penilaian hasil ulangan harian siswa sebagai data kwantitatif. Untuk keperluan analisis data kuantitatif diperoleh dari penilaian hasil ulangan harian siswa yang dilakukan 2 kali penilaian terhadap materi pembelajaran percakapan /dialog.
Pada siklus 1 dan siklus 2. Untuk keperluan analisis data kualitatif diperoleh dari kegiatan pengamatan, wawancara,dan angket sebagai data non tes. Observasi dilakukan oleh penulis untuk memperoleh gambaran secara obyektif kondisi selama proses pembelajaran berlangsung,serta mengamati sikap siswa selama tindakan penelitian dilakukan.Sedangkan kegiatan wawancara dan angket berguna mengungkap tanggapan balik siswa dan dampak dari aktifitas tindakan selama proses pembelajaran berlangsung.
C. Tahap Perencanaan dan Tindakan Pada Siklus 1
Dari jumlah siswa dibagi menjadi 8 kelompok, tiap kelompok beranggotakan 5 orang siswa. Masing-masing kelompok membuat satu babak adegan selama kurang lebih 5 menit berupa dialog dialog bahasa Inggris yang bermakna ungkapan ungkapan contohnya saat orang menyatakan perasaan (Expressing).misalnya dialog pendek berikut: