Dari Siklus 1 ke siklus 2 terdapat perubahan skor dan persentase, dari semua indikator perilaku siswa yaitu kearah positif.
Berdasakan rumusan masalah, hasil penelitian, dan pembahasan dalam penelitian tindakan kelas melalui pendekatan kontekstual ini dapat disimpulkan sebagai berikut:
Proses pembelajaran kompetensi konsep keliling dan luas bangun datar sederhana pada siswa kelas IV SD Negeri Cemani 03 semester I tahun pelajaran 2011/2012 berlangsung lancar dengan suasana menyenangkan dari siklus I ke siklus II terdapat peningkatan keaktifan dari cukup aktif menjadi aktif, peningkatan kerja sama dari cukup baik menjadi baik, peningkatan cukup teliti menjadi teliti, dan suasana kelas dari cukup menyenangkan menjadi menyenangkan.
Terdapat peningkatkan kompetensi konsep keliling dan luas bangun datar sederhana dari kondisi awal ke siklus II. Nilai tuntas dari 6 siswa (24%) menjadi 24 siswa (96%) yaitu meningkat 18 iswa (72%). Nilai rata-rata 51,60 meningkat menjadi 84,00 yaitu meningkat 32,40.
Perubahan perilaku siswa kelas IV SD Negeri Cemani 03 semester I tahun pelajaran 2011/2012 mengalami perubahan perilaku kearah positip
Implikasi
Berdasarkan kajian teori serta melalui pendekatan kontekstual untuk memecahkan permasalahan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah sebagai berikut :