Teknik skrambel dapat meningkatkan ketrampilan membaca pemahaman siswa.Hal itu terlihat dari hasil tes awal hanya mencapai 64 %,tes akhir siklus I mencapai 74 % dan tes akhir siklus II mencapai ketuntasan rata-rata 82 %
Perubahan tingkah laku atau sikap tampak dalam pembelajaran membaca pemahaman dngan teknik skrambel. Data yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan jurnal membuktikan bahwa sebagian besar siswa tertarik dengan teknik skrambel. Situasi dan kondisi jenuh,lelah dan bosan dapat diatasi dengan permainan ini,sehingga suasana kondusif dapat tercipta.Hal ini terbukti siswa merasakan waktu atau jam pelajaran cepat selesai meskipun kegiatan ini dilakukan pada jam yang terakhir.
Berdasarkan simpulan di atas disarankan agar para guru menggunakan teknik skrambel untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman, teknik ini sudah teruji mampu meningkatkan prestasi siwa,dan dapat mengubah perilaku negatif siswa menjadi positif terhadap kegiatan pembelajaran di kelas. Karena teknik ini mempunyai kelemaham yaitu waktu yang digunakan untuk mengkaji cukup lama,maka sebaiknya teknik ini digunakan sebagai selingan saat anak dalam keadaan bosan,jenuh dan tak bersemangat mengikuti pembelajaran atau disaat waktu jam pelajaran siang/akhir.