Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakansebanyak tiga siklus dengan menggunakan metode student facilitator and explaining pada pembelajaran matematika materi pecahan bagi siswa kelas V SD Negeri Begajah 04 Sukoharjo, dapat disimpulkan sebagai berikut : minat belajar siswa dalam pembelajaran metematika mengalami peningkatan. Keaktifan siswa dalam bertanya dan mengeluarkan pendapat lebih meningkat ketika proses pembelajaran sehingga pengetahuan siswa juga meningkat. Hal ini dapat dilihat dari minat siswa mencakup: 1) Antusias dalam belajar meningkat dari 6 siswa (22,22%) menjadi 21 (77,77%), 2) Memperhatikan penjelasan dari guru meningkat dari 9 siswa (33,33%) menjadi 23 siswa (85,18%), 3) Memberi tanggapan dari guru atau siswa lain meningkat dari 11 siswa (40,74%) menjadi 18 siswa (66,66%), 4) Mengerjakan soal-soal latihan dari guru meningkat dari 14 siswa (11,11%) menjadi 25 siswa (92,59%), 5) Menanyakan yang belum jelas meningkat dari 5 siswa (18,51%) menjadi 12 siswa (44,44%).Hal tersebut berdampak pula pada peningkatan hasil pembelajaran.Terbukti nilai rata-rata siklus I 65,17 yang masih di bawah KKM 12 siswa.Pada siklus II meningkat menjadi 68,92 yang masih di bawah KKM 5 siswa, dan siklus III menjadi 70,39 yang belum tuntas 4 siswa.