Jurnal Pendidikan

  • Beranda
  • TK/PAUD
  • SD
  • SMP
  • SMA
  • SMK
  • Peraturan
  • Artikel
  • About
Home » 1 » SD » JURNAL PTK Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengidentifikasi Gerak benda dalam Pembelajaran IPA Melalui Peragaan Benda Konkrit Bagi Siswa Kelas I SD

JURNAL PTK Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengidentifikasi Gerak benda dalam Pembelajaran IPA Melalui Peragaan Benda Konkrit Bagi Siswa Kelas I SD

Melalui peragaan benda kongkrit keaktifan pembelajaran IPA tentang mengidentifikasi gerak benda bagi siswa kelas I SD Negeri Majasto 01 semester II tahun pelajaran 2008/2009 mengalami peningkatan Dari siklus I ke siklus II, keaktifan terdapat peningkatan jumlah skor 56 menjadi 78 meningkat 22. Nilai rata-rata 2,43 menjadi 3,39 meningkat 0,96.  Persentase meningkat dari 60,84 % menjadi 88,04 % meningkat 17,20 %. Dari katagori cukup aktif menjadi aktif.
Melalui peragaan benda kongkrit suasana pembelajaran IPA tentang mengidentifikasi gerak benda bagi siswa kelas I SD Negeri Majasto  01 semester II tahun pelajaran 2008/2009 mengalami peningkatan Dari siklus siklus I ke siklus II suasana belajar terdapat peningkatan. Jumlah skor 68 menjadi 82 meningkat 14. Nilai rata-rata 2,83 menjadi 3,41 meningkat 0,58. Persentase meningkat dari 70,83 % menjadi 85,41 % meningkat 14,58 %. Dari katagori cukup menyenangkan menjadi menyenangkan.
Melalui peragaan benda kongkrit minat pembelajaran IPA tentang mengidentifikasi gerak benda bagi siswa kelas I SD Negeri Majasto 01 semester II tahun pelajaran 2008/2009 mengalami peningkatan Dari  dari siklus I ke siklus II minat terjadi peninginkatan jumlah skor 62 menjadi 86 meningkat 24. Nilai rata-rata dari 2,70 menjadi 3,74 meningkat 1,04. Prosentase 67,00% menjadi 93,48 % meningkat 26,48 %. Dari katagori cukup baik menjadi baik.
Melalui peragaan benda kongkrit kemampuan mengidentifikasi gerak benda dalam pembelajaran IPA  tentang mengidentifikasi gerak benda bagi siswa kelas I SD Negeri Majasto 01 semester II tahun pelajaran 2008/2009 mengalami peningkatan Dari kondisi awal  ke siklus II mengalami peningkatan yaitu  dari 6 siswa (26,08%) yang mendapat nilai tuntas menjadi 23 (100%) meningkat 17 (73,92 %). Nilai rata-rata dari 60,00 menjadi 90,43 meningkat sebesar 30,4


Untuk download contoh file jurnal PTK bisa unduh pada link berikut

Belum ada komentar untuk "JURNAL PTK Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengidentifikasi Gerak benda dalam Pembelajaran IPA Melalui Peragaan Benda Konkrit Bagi Siswa Kelas I SD"

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Langganan: Posting Komentar (Atom)
Diberdayakan oleh Blogger.
Copyright 2013 Jurnal Pendidikan - All Rights Reserved
by Mas Sugeng - Powered by Blogger Template Free