Hasil pengamatan terhadap aktivitas siswa selama proses pembelajaran dari siklus I sampai siklus II semakin meningkat, baik dari segi kualitas dan kuantitasnya.
Berdasarkan pengamatan guru, terjadi perubahan pada siswa dalam menanggapi materi (konsep) yang disampaikan guru. Dengan media pembelajaran power point, metode inkuiri dilengkapi game ular tangga (pop-mi-gut) dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa dan dalam pembelajaran siswa menjadi lebih bersemangat dan komunikatif, hal tersebut nampak dari meningkatnya frekuensi aktivitas masing-masing siklus. Aktivitas siswa berkaitan dengan lembar kerja, banyak siswa (baik dalam kelompok atau mandiri) yang sudah tidak bingung lagi membaca LKS untuk melakukan kegiatan inkuiri di laboratorium.
Secara kognitif, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menvariasi media pembelajaran power point, metode inkuiri dilengkapi game ular tangga, rata-rata hasil belajar fisika siswa kelas VIIB SMP Negeri 15 Surakarta pada perpindahan kalor terdapat peningkatan yang signifikan dari siklus I ke siklus II (Tabel 1)