Jurnal Pendidikan

  • Beranda
  • TK/PAUD
  • SD
  • SMP
  • SMA
  • SMK
  • Peraturan
  • Artikel
  • About
Home » 7 » SMP » JURNAL PTK UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI KALOR DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT DAN METODE INKUIRI GAME ULAR TANGGA (POP-MI-GUT) PADA SISWA KELAS VII

JURNAL PTK UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI KALOR DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT DAN METODE INKUIRI GAME ULAR TANGGA (POP-MI-GUT) PADA SISWA KELAS VII

Hasil pengamatan terhadap aktivitas siswa selama proses pembelajaran  dari siklus I sampai siklus II semakin meningkat, baik dari segi kualitas dan kuantitasnya.
Berdasarkan pengamatan guru, terjadi perubahan pada siswa dalam menanggapi materi (konsep) yang disampaikan guru. Dengan media pembelajaran power point, metode inkuiri dilengkapi game ular tangga (pop-mi-gut) dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa dan dalam pembelajaran siswa menjadi lebih bersemangat dan komunikatif, hal tersebut nampak dari meningkatnya frekuensi aktivitas masing-masing siklus. Aktivitas siswa berkaitan dengan lembar kerja, banyak siswa (baik dalam kelompok atau mandiri) yang sudah tidak bingung lagi membaca LKS untuk melakukan kegiatan inkuiri di laboratorium.
Secara kognitif, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menvariasi media pembelajaran power point, metode inkuiri dilengkapi game ular tangga, rata-rata hasil belajar fisika siswa kelas VIIB SMP Negeri 15 Surakarta pada perpindahan kalor terdapat peningkatan yang signifikan  dari siklus I ke siklus II (Tabel 1)


Untuk download contoh file jurnal PTK bisa unduh pada link berikut

Belum ada komentar untuk "JURNAL PTK UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI KALOR DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT DAN METODE INKUIRI GAME ULAR TANGGA (POP-MI-GUT) PADA SISWA KELAS VII"

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Langganan: Posting Komentar (Atom)
Diberdayakan oleh Blogger.
Copyright 2013 Jurnal Pendidikan - All Rights Reserved
by Mas Sugeng - Powered by Blogger Template Free