Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui metode demonstrasi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA materi gaya magnet pada siswa kelas V SD Negeri Weru 03 Semester 1I tahun pelajaran 2011/2012. Aktivitas belajar siswa dari kondisi awal ke siklus II terdapat peningkatan: aspek bertanya dari cukup baik menjadi amat baik; aspek mengerjakan tugas dari cukup baik menjadi amat baik; aspek menjawab pertanyaan dari cukup baik menjadi amat baik; dan aspek motivasi belajar dari cukup baik menjadi amat baik. Hasil ulangan harian siklus II mengalami peningkatan dibanding dengan kondisi awal ketuntasan siswa 19% menjadi 100% meningkat 81%. Nilai rata-rata kelas dari 54 menjadi 90 meningkat 36.
Membantu siswa yang lambat dalam memahami pelajaran IPA khususnya materi gaya magnet. Memberikan pengaruh yang positif baik dalam pendidikan dan sosial pada guru dan pada siswa. Merupakan cara praktis untuk membantu siswa dalam pelajaran IPA khususnya materi gaya magnet.
Berdasarkan hasil penelitian, analisis data dan kesimpulan penelitian ini, ada beberapa hal yang perlu disarankan, yaitu sebagai berikut. Saran kepada siswa: demi peningkatan aktivitas dan hasil belajar yang memadai dalam belajar IPA, disarankan kepada siswa agar belajar dengan baik jangan segan-segan untuk bertanya kepada orang lain atau membaca buku sumber dan mempraktekkan dengan alat peraga. Saran kepada para guru: guru senantiasa menerapkan strategi mengajar yang bervariasi dan sesuai dengan latar belakang serta kemampuan siswa, serta terus memberi motivasi siswa. Saran kepada sekolah: diharapkan sekolah menambah media alat peraga dan sarana-prasarana lain yang dibutuhkan. Saran kepada guru sejawat: penelitian ini diharapkan sebagai motivasi dan penguatan, serta masukan dalam melakukan penelitian tindakan kelas selanjutnya.