Untuk memperoleh data yang valid mengenai kompetensi menulis puisi siswa kelas V SD Negeri Bulakrejo 03 Semester II Tahun Pelajaran 2010/2011 yaitu:
Proses pembelajaran siswa (pengamatan) divalidasi dengan melalui trianggulasi sumber yaitu data yang berasal siswa, guru, dan kolaborasi teman sejawat. Data kualitatif hasil pengamatan menggunakan analisis deskriftif kualitatif berdasarkan pengamatan dan refleksi dengan membandingkan proses kondisi awal siklus I dan siklus II.
Hasil belajar yang berupa nilai tes yang divalidasi adalah instrument tes yang berupa butir soal dengan content validity diperlukan kisi-kisi soal. Data yang berupa angka (data kwantitatif) menggunakan analisis deskriftif komperatif yaitu membandingkan nilai tes kondisi awal, nilai tes siklus I, dan nilai tes siklus II kemudian direfleksi.
Analisis data yaitu data kualitatif hasil pengamatan proses pembelajaran dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan membandingkan siklus I dan siklus II. Sedangkan data yang berupa angka (data kuantitatif) dari hasil belajar siswa dianalisis menggunakan deskriptif komparatif yaitu membandingkan nilai tes kondisi awal, nilai tes setelah siklus I dan nilai tes setelah siklus II, kemudian direfleksi.
Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap pengamatan/ observasi dan refleksi.