Jurnal Pendidikan

  • Beranda
  • TK/PAUD
  • SD
  • SMP
  • SMA
  • SMK
  • Peraturan
  • Artikel
  • About
Home » 5 » SD » JURNAL PTK PENINGKATAN DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATF TIPE STAD VARIASI PERMAINAN NAGAWAN PADA SISWA KELAS V SD

JURNAL PTK PENINGKATAN DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATF TIPE STAD VARIASI PERMAINAN NAGAWAN PADA SISWA KELAS V SD

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD variasi permainan “Nagawan” dapat meningkatkan aktivitas dari siklus I  ke siklus II mengalami peningkatan keaktifan siswa dari 37,5% menjadi 93,75 meningkat 56,25. Prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri Bekonang 03, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2010/2011. Dari Kondisi awal  ke siklus II mengalami peningkatan, nilai tuntas dari 6 siswa (37,5%) menjadi 16 siswa (100%) yaitu meningkat 10 siswa (72,5%). Nilai rata-rata 58,75 meningkat menjadi 89,37 yaitu meningkat 30,62
Dengan terbuktinya hipotesis tindakan penelitian tindakan kelas ini, yaitu : “pembelajaran kooperatif tipe STAD variasi permainan “Nagawan” dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri Bekonang 03, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2010/2011” maka peneliti mengajak kepada semua guru untuk semaksimal mungkin melakukan pembelajaran dengan model yang inovatif dan memanfaatkan media pembelajaran dalam proses pembelajaran yang dilaksanakannya agar peserta didik dapat mencapai aktivitas dan prestasi yang optimal
Sehubungan dengan hasil penelitian yang telah dilakukan, ada beberapa saran yang perlu dipertimbangkan untuk kemajuan belajar di SD Negeri Bekonang 03, khususnya berkaitan dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD variasi permainan “Nagawan”. Saran-saran tersebut adalah peneliti harus betul-betul menguasai karakteristik pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan variasi permainan “Nagawan”. Dengan menguasai karakteristik model pembelajaran ini maka proses belajar mengajar akan berjalan lancar. Manfaat bagi guru mengingat kompleksitas yang ada dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan variasi permainan “Nagawan”, guru lain hendaknya membantu kegiatan belajar mengajar bilamana diperlukan. Manfaat bagi siswa pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan variasi permainan “Nagawan” menuntut siswa tidak egois. Oleh karena itu, bagi siswa yang merasa lebih pandai harus bersedia membimbing siswa yang kurang pandai.


Untuk download contoh file jurnal PTK bisa unduh pada link berikut

Belum ada komentar untuk "JURNAL PTK PENINGKATAN DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATF TIPE STAD VARIASI PERMAINAN NAGAWAN PADA SISWA KELAS V SD"

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Langganan: Posting Komentar (Atom)
Diberdayakan oleh Blogger.
Copyright 2013 Jurnal Pendidikan - All Rights Reserved
by Mas Sugeng - Powered by Blogger Template Free