Berdasakan rumusan masalah, hasil penelitian, dan pembahasan dalam penelitian tindakan kelas melalui pendekatan kontekstual ini dapat disimpulkan sebagai berikut
Minat belajar siswa kelas V SD Negeri Sonorejo 01 semester I tahun pelajaran 2011/2012, dari siklus I ke siklus II terdapat peningkatan tentang minat belajar dari nilai rata-rata 75,8 menjadi 89 meningkat 13,2, dari kategori cukup menjadi tinggi.
Terdapat peningkatan hasil belajar matematika tentang konsep KPK dan FPB dari kondisi awal ke siklus II. Nilai tuntas dari 9 siswa (36%) menjadi 25 siswa (100%) yaitu meningkat 16 iswa (64%). Nilai rata-rata 57,2 menjadi 93,6 meningkat 36,4.
Berdasarkan kajian teori serta melalui pendekatan kontekstual untuk memecahkan permasalahan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah sebagai berikut.
Mendapat teori baru tentang pendekatan pembelajaran aktif dan inovatif serta mendapat pengalaman nyata dalam kehidupan sehari-hari.
Sebagai dasar untuk melaksanakan penelitian tindakan kelas selanjutnya dalam rangka memperbaiki proses pembelajaran.
Saran-saran
Saran bagi siswa, memberikan pengalaman belajar dalam suasana yang menyenangkan tanpa rasa takut atau tekanan serta dapat menumbuhkan kerjasama antara siswa dengan kelompoknya serta lebih kreatif.
Saran bagi guru, memberikan bekal dan solusi pemecahan dalam rangka memperbaiki proses pembelajaran.