Pada inti pembelajaran tahap eksplorasi guru menjelaskan materi teks penjelasan nara sumber. Guru membagi siswa untuk berpasangan. Guru membagikan teks wawancara dengan tema koperasi sekolah kepada tiap siswa untuk dibaca dan dipahami. Tahap elaborasi, guru menunjuk siswa yang berperan sebagai pewawancara dan siswa yang berperan sebagai nara sumber. Guru memberi tugas kepada siswa secara berpasangan untuk melakukan wawancara di depan kelas, sampai semua siswa mendapat giliran. Pada tahap konfirmasi, guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa, dan meluruskan kesalah pahaman serta memberikan penguatan dan kesimpulan.
Sebagai penutup guru bersama siswa merefleksi hasil belajar dan memberi soal test siklus I, berupa ketrampilan siswa berwawancara dengan nara sumber petugas koperasi sekolah.
Pada siklus I ini, sewaktu guru belum masuk siswa mempersiapkan buku pelajaran dan alat pelajaran. Siswa sudah membawa buku paket. Siswa mendengarkan keterangan guru. Siswa tidak mencatat keterangan guru, karena keterangan guru hanya bersifat pelaksanaan tugas. Siswa menyalin catatan (kalau ada) guru di papan tulis. Pada saat siswa secara berpasangan di depan kelas melakukan praktek wawancara, siswa yang lain terlihat antusias mendengarkan, namun masih ada beberapa siswa yang enggan memperhatikan presentasi dari temannya. Siswa dalam melaksanakan tugas yang diberikan terlihat cukup baik.