Dengan upaya yang dilakukan oleh pendidik dapat meningkatkan peningkatan kemampuan peserta didik dalam melaksanakan pengamatan secara terencana dan sistematis untuk memperoleh gejala alam biotik dan abiotik dengan pendekatan berbasis lingkungan pada peserta didik kelas VII G semester I tahun pembelajaran 2007/2008.
Dampak yang ditimbulkan setelah penggunaan metode pembelajaran dengan metode pendekatan berbasis lingkungan peserta didik aktif dalam mengikuti pelajaran di kelas. Manfaat keberhasilan pembelajaran akan terasa manakala apa yang diperoleh dari pembelajaran dapat diaplikasikan dan diimplementasikan dalam realitas kehidupan. Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode pendekatan berbasis lingkungan maka pembelajaran akan lebih bermakna, khusunya biologi materi pokok gejala alam biotik dan abiotik.
Model pembelajaran dengan pendekatan lingkungan, bukan merupakan pendekatan pembelajaran yang baru, melainkan sudah dikenal dan popular. Adapun yang dimaksud dengan pendekatan lingkungan adalah suatu strategi pembelajaran yang memanfaatkan lingkungan sebagai sasaran belajar, sumber belajar, dan sarana belajar, hal tersebut dapat dimanfaatkan untuk memecahkan masalah lingkungan dan untuk menanamkan sikap cinta lingkungan.