Siklus II merupakan revisi dari siklus I. Perencanaan tindakan yang telah disusun oleh peneliti bersama rekan kolaborator adalah dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Materi yang akan disampaikan berupa panca indera manusi telinga.
Pembelajaran menggunakan metode inkuiri terbimbing dilakukan selama 2 x pertemuan (2 x 35 menit). Pertemuan pertama pada hari Senin, 13 pebruari 2012 dan pertemuan kedua hari Selasa, 14 Pebruari 2012.
Dalam usaha untuk meningkatkan hasil belajar siswa, meningkatkan aktivitas belajar siswa dan membuat suasana pembelajaran menjadi menyenangkan, maka perlu adanya model pembelajaran inkuiri dalam pembelajaran IPA khususnya pada materi panca indera manusia. Pelaksanaan proses pembelajaran IPA di kelas IV SD Negeri Cemani 03 bertujuan agar siswa dapat mengidentifikasi alat indera manusia berdasarkan pengamatan dan menjelaskan kegunaan alat indera. Pada siklus II ini sebagai perbaikan dari pelaksanaan proses pembelajaran siklus I.
Hasil nilai siswa pada siklus II dapat dilihat pada tabel dan gambar berikut.