Perubahan perilaku siswa mengalami perubahan perilaku kearah positif, dari siklus I ke siklus II yaitu dari rata-rata indikator 2,94 menjadi 3,36 perubahanya 0,42 , dan persentase dari 73,4 % menjadi 83,6% perubahanya 10,2 %
hasil penelitian, dan pembahasan dalam penelitian tindakan kelas dengan melalui permaianan kartu kata ini dapat disimpulkan sebagai berikut.
Aktivitas pembelajaran menulis permulaan berlangsung lancar dengan suasana menyenangkan dari kondisi awal ke kondisi akhir terdapat peningkatan tentang aktivitas belajar. Dari siklus I ke siklus II terdapat peningkatan keaktifan dari cukup aktif menjadi aktif, peningkatan kerja sama dari cukup baik menjadi baik. Dan peningkatan kreativitas dari cukup kreatif menjadi kreatif.
Terdapat peningkatkan kemampuan menulis permulaan dari kondisi awal ke siklus II, nilai tuntas dari 7 siswa (36,85%) menjadi 19 siswa (100%) yaitu meningkat 12 siswa (63,15%). Nilai rata-rata 56,31 meningkat menjadi 80,00 yaitu meningkat 23,69.
Terdapat peningkatan perubahan perilaku siswa dari siklus I ke siklus II yaitu dari rata-rata indikator 2,94 menjadi 3,36 perubahanya 0,42 , dan persentase dari 73,4 % menjadi 83,6% perubahanya 10,2 %.i
Berdasarkan kajian teori serta din atas untuk memecahkan permasalahan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah sebagai berikut.
Mendapat pengalaman yang baru dalam menciptakan pembelajaran menulis permulaan membangkitkan kembali gairah belajar siswa yang lesu, karena selain melatih keterampilan bahasa, juga menimbulkan kegembiraan sesuai hakikat permainan itu sendiri. Sebagai dasar untuk melaksanakan penelitian tindakan kelas selanjutnya dalam rangka memperbaiki proses pembelajaran