Setelah mengamati proses pembelajaran dengan teknik Two Stay Two Visit dan menganalisis data hasil belajar siswa kelas XI.IPA.1 semester 2 (genap) SMA Negeri 6 Surakarta tahun pelajaran 2009/2010, penulis dapat menyimpulkan bahwa pembelajaran dengan teknik Two Stay Two Visit dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa kelas XI.IPA.1 semester 2 (genap) SMA Negeri 6 Surakarta tahun pelajaran 2009/2010 pada materi Reaading Comprehension tentang Exposition Texts. Dari penelitian diperoleh hasil : (1). Rata-rata aktifitas siswa pada kondisi awal hanya 82,35 %, pada siklus I berhasil meningkat menjadi 91,43 % dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 97,14 %. (2). Dari hasil tes pada kondisi awal diperoleh nilai tertinggi 78, nilai terendah 30 dan rata-rata nilai 60,31. Hasil tes akhir setelah ada tindakan pada siklus I menunjukkan nilai tertinggi 90, nilai terendah 58 dan rata-rata nilai 73,80. Selanjutnya dari hasil tes akhir setelah ada tindakan pada siklus II diperoleh nilai tertinggi 95, nilai terendah 60 dan rata-rata nilai 76,35. (3). Peningkatan nilai rata-rata dari kondisi awal ke siklus I sebesar 22,36 %, sedangkan peningkatan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II sebesar 3,46 %. Dengan demikian peningkatan nilai rata-rata dari kondisi awal ke siklus II sebesar 25,82 %.
Terhadap guru : (1) Hendaknya memiliki kemauan untuk mencoba menggunakan teknik/pendekatan inovatif, terutama yang banyak melibatkan kerjasama atau kelompok belajar, sehingga siswa menjadi terbiasa bekerjasama dalam kelompok. (2). Dalam membentuk kelompok belajar, hendaknya benar-benar memperhatikan tingkat kemampuan akademis siswa, sehingga dapat dihasilkan kelompok yang heterogen.