Jurnal Pendidikan

  • Beranda
  • TK/PAUD
  • SD
  • SMP
  • SMA
  • SMK
  • Peraturan
  • Artikel
  • About
Home » 11 » SMA » JURNAL PTK Meningkatkan Hasil Belajar Reading Comprehension tentang Exposition Texts Melalui Teknik Two Stay Two Visit di Kelas XI.IPA

JURNAL PTK Meningkatkan Hasil Belajar Reading Comprehension tentang Exposition Texts Melalui Teknik Two Stay Two Visit di Kelas XI.IPA

Setelah mengamati proses pembelajaran dengan teknik Two Stay Two Visit dan menganalisis data hasil belajar siswa kelas XI.IPA.1 semester 2 (genap)  SMA Negeri 6 Surakarta tahun pelajaran 2009/2010, penulis dapat menyimpulkan bahwa pembelajaran dengan teknik Two Stay Two Visit dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa kelas XI.IPA.1 semester 2 (genap) SMA Negeri 6 Surakarta tahun pelajaran 2009/2010 pada materi Reaading Comprehension tentang Exposition Texts. Dari penelitian diperoleh hasil : (1). Rata-rata aktifitas siswa pada kondisi awal hanya 82,35 %, pada siklus I berhasil meningkat menjadi 91,43 % dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 97,14 %. (2). Dari hasil tes pada kondisi awal diperoleh nilai tertinggi 78, nilai terendah 30 dan rata-rata nilai 60,31. Hasil tes akhir setelah ada tindakan pada siklus I menunjukkan nilai tertinggi 90, nilai terendah 58 dan rata-rata nilai 73,80. Selanjutnya dari hasil tes akhir setelah ada tindakan pada siklus II diperoleh nilai tertinggi 95, nilai terendah 60 dan rata-rata nilai 76,35. (3). Peningkatan nilai  rata-rata  dari  kondisi  awal   ke  siklus I  sebesar  22,36 %, sedangkan peningkatan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II sebesar 3,46 %. Dengan demikian peningkatan nilai rata-rata dari kondisi awal ke siklus II sebesar 25,82 %.
Terhadap guru : (1) Hendaknya memiliki kemauan untuk mencoba menggunakan teknik/pendekatan inovatif, terutama yang banyak melibatkan kerjasama atau kelompok belajar, sehingga siswa menjadi terbiasa bekerjasama dalam kelompok. (2). Dalam membentuk kelompok belajar, hendaknya benar-benar memperhatikan tingkat kemampuan akademis siswa, sehingga dapat dihasilkan kelompok  yang heterogen.


Untuk download contoh file jurnal PTK bisa unduh pada link berikut

Belum ada komentar untuk "JURNAL PTK Meningkatkan Hasil Belajar Reading Comprehension tentang Exposition Texts Melalui Teknik Two Stay Two Visit di Kelas XI.IPA"

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Langganan: Posting Komentar (Atom)
Diberdayakan oleh Blogger.
Copyright 2013 Jurnal Pendidikan - All Rights Reserved
by Mas Sugeng - Powered by Blogger Template Free