Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil Fhitung Antar A sebesar 20,108; sedangkan Ftabel dengan db = 1 : 76 pada taraf signifikansi 5% adalah sebesar 3,98, ternyata Fhitung > Ftabel pada taraf signifikansi 5%, maka Fhitung tersebut signifikan; yang berarti bahwa Ho yang menyatakan “tidak ada pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi informasi terhadap hasil belajar Geografi Kelas VII SMP Negeri 3 Nguter Kabupaten Sukoharjo”, ditolak; dan hipotesis alternatif (H1) yang menyatakan “ada pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi informasi terhadap hasil belajar Geografi Kelas VII SMP Negeri 3 Nguter Kabupaten Sukoharjo” diterima.
Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil Fhitung Antar B sebesar 7,300; sedangkan Ftabel dengan db = 1 : 76 pada taraf signifikansi 5% adalah sebesar 3,98. Ternyata Fhitung > Ftabel pada taraf signifikansi 5%, maka Fhitung tersebut signifikan; yang berarti bahwa Ho yang menyatakan “tidak ada perbedaan pengaruh kemampuan awal peserta didik terhadap hasil belajar Geografi pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Nguter”, ditolak; dan hipotesis alternatif (H1) yang menyatakan “ada perbedaan pengaruh kemampuan awal peserta didik terhadap hasil belajar Geografi pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Nguter” diterima.
Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil Fhitung Inter AB sebesar = 9,376; sedangkan Ftabel dengan db = 1 : 76 pada taraf signifikansi 5% adalah sebesar 3,98. Ternyata Fhitung > Ftabel pada taraf signifikansi 5%, maka Fhitung tersebut signifikan; yang berarti bahwa Ho yang menyatakan “tidak terdapat interaksi pengaruh antara penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan kemampuan awal peserta didik terhadap hasil belajar Geografi pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Nguter”, ditolak; dan hipotesis alternatif (H1) yang menyatakan “terdapat interaksi pengaruh antara penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan kemampuan awal peserta didik terhadap hasil belajar Geografi pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Nguter” diterima.
Berikut disajikan analisis perbedaan pada masing-masing kelompok tersebut dengan uji t (t-test).