Jurnal Pendidikan

  • Beranda
  • TK/PAUD
  • SD
  • SMP
  • SMA
  • SMK
  • Peraturan
  • Artikel
  • About
Home » 5 » SD » JURNAL PENDIDIKAN Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Kemampuan Menentukan Kalimat Utama Pada Paragraf Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Metode Kooperatif Jigsaw Bagi Siswa Kelas V SD

JURNAL PENDIDIKAN Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Kemampuan Menentukan Kalimat Utama Pada Paragraf Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Metode Kooperatif Jigsaw Bagi Siswa Kelas V SD

Aktivitas siswa ketika mendengar pembacaaan contoh paragraf oleh guru kelas yang memperoleh kriteria  B: 18 (58,06%) menjadi B: 22 (70,97%) meningkat 4 (12,91%); 2). Aktivitas siswa dalam menentukan unsur-unsur pembentuk paragraf yang memperoleh kriteria B: 20 (64,52%) menjadi 27 (87,09%) meningkat 7 (22,57%); 3). Aktivitas siswa dalam menentukan kalimat utama dalam paragraf yang  memperoleh kriteria B: 19 (61,29 %) menjadi B: 29 ( 93.54 %) meningkat 10 (32,25%); 4). Aktivitas siswa selama mengikuti diskusi kelompok yang memperoleh kriteria : B: 19 ( 82,35 %) menjadi B:28 (91,17%) meningkat 9 (29,02%); 5). Aktivitas siswa dalam menceritakan kembali paragraf dengan kata-kata sendiri yang memperoleh kriteria: B: 20 (64,52%) menjadi B: 29(93,54%) meningkat 3 (29,02%)
Dari kondisi awal ke kondisi akhir terdapat peningkatan hasil belajar dari nilai ketuntasan belajar mengalami peningkatan Hasil belajar siswa terjadi peningkatan yaitu siswa yang mendapat nilai tuntas dari 6 siswa (19,35%) meningkat 31 siswa (100%) naik 25 siswa (80,65%) Siswa yang belum tuntas dari 25 siswa (80,65%) turun menjadi 0 siswa (0%) turun 25 siswa (80,65%). Nilai rata-rata dari 52,9 menjadi 81,29 meningkat 28,32
Menurut teoritik dan empirik hasil penelitian tindakan kelas melalui metode kooperatif Jigsaw baik dari aktivitas siswa dalam proses pembelajran maupun hasil belajar dapat disimpulkan sebagai berikut :


Untuk download contoh file jurnal PTK bisa unduh pada link berikut

Belum ada komentar untuk "JURNAL PENDIDIKAN Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Kemampuan Menentukan Kalimat Utama Pada Paragraf Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Metode Kooperatif Jigsaw Bagi Siswa Kelas V SD"

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Langganan: Posting Komentar (Atom)
Diberdayakan oleh Blogger.
Copyright 2013 Jurnal Pendidikan - All Rights Reserved
by Mas Sugeng - Powered by Blogger Template Free