Aktivitas siswa ketika mendengar pembacaaan contoh paragraf oleh guru kelas yang memperoleh kriteria B: 18 (58,06%) menjadi B: 22 (70,97%) meningkat 4 (12,91%); 2). Aktivitas siswa dalam menentukan unsur-unsur pembentuk paragraf yang memperoleh kriteria B: 20 (64,52%) menjadi 27 (87,09%) meningkat 7 (22,57%); 3). Aktivitas siswa dalam menentukan kalimat utama dalam paragraf yang memperoleh kriteria B: 19 (61,29 %) menjadi B: 29 ( 93.54 %) meningkat 10 (32,25%); 4). Aktivitas siswa selama mengikuti diskusi kelompok yang memperoleh kriteria : B: 19 ( 82,35 %) menjadi B:28 (91,17%) meningkat 9 (29,02%); 5). Aktivitas siswa dalam menceritakan kembali paragraf dengan kata-kata sendiri yang memperoleh kriteria: B: 20 (64,52%) menjadi B: 29(93,54%) meningkat 3 (29,02%)
Dari kondisi awal ke kondisi akhir terdapat peningkatan hasil belajar dari nilai ketuntasan belajar mengalami peningkatan Hasil belajar siswa terjadi peningkatan yaitu siswa yang mendapat nilai tuntas dari 6 siswa (19,35%) meningkat 31 siswa (100%) naik 25 siswa (80,65%) Siswa yang belum tuntas dari 25 siswa (80,65%) turun menjadi 0 siswa (0%) turun 25 siswa (80,65%). Nilai rata-rata dari 52,9 menjadi 81,29 meningkat 28,32
Menurut teoritik dan empirik hasil penelitian tindakan kelas melalui metode kooperatif Jigsaw baik dari aktivitas siswa dalam proses pembelajran maupun hasil belajar dapat disimpulkan sebagai berikut :