Berdasarkan identifikasi awal, bentuk kesulitan belajar yang dialami siswa Kelas IV SLB Negeri 1 tahun pelajaran 2010/2011 berupa kesulitan dalam memahami fakta-fakta yang disampaikan guru. Rendahnya kemampuan siswa dalam memahami fakta-fakta sejarah yang disampaikan guru tidak terlepas dari rendahnya motivasi belajar siswa selama mengikuti pelajaran sejarah. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya siswa yang tidak fokus dalam mengikuti pembelajaran, banyak siswa yang kelihatan mengantuk selama berlangsungnya kegiatan belajar mengajar, dan kurangnya intensitas interaksi antara siswa dengan guru selama berlangsungnya proses belajar mengajar di kelas.
Berdasarkan hasil pengamatan terhadap aktivitas siswa, dapat diketahui bahwa jumlah siswa yang sudah tampak aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran adalah sebanyak 2 orang siswa atau 30,33%, siswa yang cukup aktif sebanyak 2 orang atau 30,33%, dan siswa yang belum aktif sebanyak 2 orang atau 30,33%.
Hasil tes ulangan harian diperoleh dari 6 orang siswa kelas V SLB Negeri Wonogiri tahun pelajaran 2010/2011. Hasil tes menunjukkan bahwa dari 6 siswa ternyata masih ada sekitar 4 orang siswa atau 66,67% belum mencapai batas tuntas minimal sebesar 60. Nilai rata-rata kelas diperoleh sebesar 54,17. Dengan demikian, secara klasikal siswa kelas V SLB Negeri Wonogiri tahun pelajaran 2010/2011 belum mencapai batas tuntas minimal yang dipersyaratkan.