Jurnal Pendidikan

  • Beranda
  • TK/PAUD
  • SD
  • SMP
  • SMA
  • SMK
  • Peraturan
  • Artikel
  • About
Home » 3 » SD » JURNAL PTK: PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS MATERI LINGKUNGAN SEKITAR MELALUI METODE KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS III SD

JURNAL PTK: PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS MATERI LINGKUNGAN SEKITAR MELALUI METODE KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS III SD


Dalam proses belajar mengajar terdiri dari beberapa komponen. Komponen yang satu dengan yang lainnya merupakan satu kesatuan yang utuh dan saling melengkapi. Salah satu contoh komponen pembelajaran yaitu metode, dengan menggunakan salah satu metode harus didukung dengan lingkungan kelas yang memadai dan keterampilan guru dalam menggunakan metode tersebut.
Dalam pembelajaran IPS di kelas III SD Negeri Tawang 02, masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah. Adapun faktor penyebab terjadinya masalah tersebut adalah siswa kurang memahami penjelasan dari guru yang tidak mengaitkan materi dengan lingkungan yang ada di sekitar siswa, guru belum menggunakan metode yang tepat dalam pembelajaran.
Upaya guru untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah menerapkan metode kooperatif tipe jigsaw dan menjelaskan langkah-langkah metode jigsaw, agar dalam kegiatan pembelajaran lebih terarah. Dengan menggunakan metode kooperatif tipe jigsaw diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam materi lingkungan sekitar dan dapat meningkatkan prestasi belajar secara maksimal.



Unduh file jurnal PTK pada link berikut ini

Belum ada komentar untuk "JURNAL PTK: PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS MATERI LINGKUNGAN SEKITAR MELALUI METODE KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS III SD "

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Langganan: Posting Komentar (Atom)
Diberdayakan oleh Blogger.
Copyright 2013 Jurnal Pendidikan - All Rights Reserved
by Mas Sugeng - Powered by Blogger Template Free