Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan metode inkuiri terbimbing dengan media sederhana dapat meningkatkan minat belajar matematika menghitung keliling dan luas lingkaran pada siswa kelas VI SD Negeri Bekonang 03 semester I tahun pelajaran 2011/2012. hasil belajar dari kondisi awal ke siklus II terjadi peningkatan nilai rata-rata dari 42,5 menjadi 71,25 meningkat 29,25. Dari jumlah siswa yang tuntas 3 (18,75%) menjadi 14 (87,5%) meningkat 11 (68,75%). Jumlah siswa yang belum tuntas dari 13 (71,25%) menjadi 2 (12,5%) turun 11 (68,75%). Melalui penerapan metode inkuiri terbimbing dengan media sederhana dapat meningkatkan hasil belajar matematika menghitung keliling dan luas lingkaran pada siswa kelas VI SD Negeri Bekonang 03 semester I tahun pelajaran 2011/2012. Hasil penelitian dari siklus I ke siklus II minat belajar terjadi peningkatan Antusias Siswa Pada Pembelajarandai 3,2 menjadi 4,1 meningkat 0,9, Perhatian Siswa Pada Pembelajaran 3,2meningkat menjadi 4,2 meningkat 1, Aktifitas Siswa Pada Pembelajaran dari 3 menjadi 4 meningkat 1, Ketertarikan Siswa Pada Pembelajaran dari 3 menjadi 4,2 menigkat 1,2, Peran Serta Siswa Dalam Kerja Kelompok dari 3,1 menjadi 4, 1 meningkat 1.