Jurnal Pendidikan

  • Beranda
  • TK/PAUD
  • SD
  • SMP
  • SMA
  • SMK
  • Peraturan
  • Artikel
  • About
Home » 5 » SD » JURNAL PTK PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS V SD

JURNAL PTK PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS V SD

Melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatan motivasi belajar IPA tentang sistem peredaran darah manusia pada siswa kelas V SD Negeri Cangkol 01 Semester I tahun pelajaran 2013/2014 meningkat dari Siklus I ke Siklus II terdapat peningkatan yaitu aspek motivasi belajar dari kategori cukup menjadi baik, aspek kerjasama dari kategori baik menjadi sangat baik, aspek keaktifan dari kategori aktif menjadi sangat aktif dan aspek suasana belajar dari kategori senang menjadi sangat menyenangkan.
Melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang sistem peredaran darah manusia pada siswa kelas V SD Negeri Cangkol 01 semester I tahun pelajaran 2013/2014 meningkat dari kondisi awal ke siklus II mengalami peningkatan yaitu dari 6 siswa (42,86%) yang mendapat nilai tuntas menjadi 14 siswa (100%) meningkat 8 siswa (57,14%). Nilai rata-rata dari 63,57 menjadi 77,86 meningkat sebesar 14,29.
Melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD motivasi dan hasil belajar IPA  tentang sistem peredaran darah manusia pada siswa kelas V SD Negeri Cangkol 01 semester I tahun pelajaran 2013/2014 meningkat dari kondisi awal ke kondisi akhir.


Unduh contoh file PTK pada tautan berikut

Belum ada komentar untuk "JURNAL PTK PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS V SD"

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Langganan: Posting Komentar (Atom)
Diberdayakan oleh Blogger.
Copyright 2013 Jurnal Pendidikan - All Rights Reserved
by Mas Sugeng - Powered by Blogger Template Free