Penelitian dilaksanakan selama 6 bulan yaitu bulan Januari 2013 sampai dengan bulan Juni 2013. Penelitian dilakukan pada waktu itu karena materi yang berhubungan dengan permasalahan menulis parafrase geguritan untuk siswa kelas VI masuk materi program semester II tahun pelajaran 2012/2013.
Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas VI SD Negeri Bulakrejo 03 UPTD Pendidikan Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo, dengan jumlah siswa 35 yang terdiri dari 16 laki-laki dan 19 perempuan.
Sumber data pada penelitian tindakan kelas ini ada dua yaitu data yang berasal dari subjek penelitian dan dari bukan subjek. Sumber data dari subjek penelitian merupakan sumber data primer yaitu tentang proses belajar berupa hasil pengamatan selama pelaksanaan tindakan yang meliputi tentang kreativitas siswa dalam proses menulis parafrase geguritan yang meliputi tahap prapenulisan, tahap penulisan dan tahap perbaikan, apakah tampak gembira, bersemangat, termotivasi, dan menyenangkan dalam proses pembelajaran, dan kerjasama siswa apakah terjadi interaksi antara kelompok dan interaksi antar siswa. Sedangkan data primer tentang keterampilan menulis parafrase geguritan berupa nilai hasil menulis parafrase geguritan. Sumber data selain dari subjek penelitian merupakan sumber data sekunder yaitu data hasil pengamatan yang dilakukan dengan kolaborasi dengan teman sejawat.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik dokumentasi, teknik penugasan, dan teknik tes.