Jurnal Pendidikan

  • Beranda
  • TK/PAUD
  • SD
  • SMP
  • SMA
  • SMK
  • Peraturan
  • Artikel
  • About
Home » 6 » SD » JURNAL PTK PENERAPAN PENDEKATAN STUDENT TEAM ACHIEVEMEN DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN KETERAMPILAN MENULIS PARAFRASE GEGURITAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JAWA BAGI SISWA KELAS VI SD

JURNAL PTK PENERAPAN PENDEKATAN STUDENT TEAM ACHIEVEMEN DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN KETERAMPILAN MENULIS PARAFRASE GEGURITAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JAWA BAGI SISWA KELAS VI SD

Penelitian dilaksanakan selama 6 bulan yaitu bulan Januari 2013 sampai dengan bulan Juni 2013. Penelitian dilakukan pada waktu itu karena materi yang berhubungan dengan permasalahan menulis parafrase geguritan untuk siswa kelas VI masuk materi program semester II tahun pelajaran 2012/2013.
Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas VI SD Negeri Bulakrejo 03 UPTD Pendidikan Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo, dengan jumlah siswa 35 yang terdiri dari 16 laki-laki dan 19 perempuan.
Sumber data pada penelitian tindakan kelas ini ada dua yaitu data yang berasal dari subjek penelitian dan dari bukan subjek. Sumber data dari subjek penelitian merupakan sumber data primer yaitu tentang proses belajar berupa hasil pengamatan selama pelaksanaan tindakan yang meliputi tentang kreativitas siswa dalam proses menulis parafrase geguritan yang meliputi tahap prapenulisan, tahap penulisan dan  tahap perbaikan, apakah tampak gembira, bersemangat, termotivasi, dan menyenangkan dalam proses pembelajaran, dan  kerjasama siswa apakah terjadi interaksi antara kelompok dan interaksi antar siswa. Sedangkan data primer tentang keterampilan menulis parafrase geguritan berupa nilai hasil menulis parafrase geguritan. Sumber data selain dari subjek penelitian merupakan sumber data sekunder yaitu data hasil pengamatan yang dilakukan dengan kolaborasi dengan teman sejawat.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik dokumentasi, teknik penugasan, dan teknik tes.


Unduh contoh file PTK pada tautan/ link berikut

Belum ada komentar untuk "JURNAL PTK PENERAPAN PENDEKATAN STUDENT TEAM ACHIEVEMEN DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN KETERAMPILAN MENULIS PARAFRASE GEGURITAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JAWA BAGI SISWA KELAS VI SD"

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Langganan: Posting Komentar (Atom)
Diberdayakan oleh Blogger.
Copyright 2013 Jurnal Pendidikan - All Rights Reserved
by Mas Sugeng - Powered by Blogger Template Free