Penyebab rendahnya pemahaman siswa terhadap matematika khususnya penjumlahan dan pengurangan adalah karena model pembelajaran yang hanya berpusat pada guru, sehingga siswa pasif dan jenuh dalam menerima pelajaran. Siswa cenderung hanya menghafal konsep tanpa disertai pemahaman yang memadai.
Peneliti mencoba pada operasi hitung bilangan cacah dengan cara permainan lacak kartu bilangan agar siswa secara aktif, dan menyenangkan tanpa adanya tekanan dalam belajar, serta meningkatkan kreatifitas siswa sehingga hasil dari proses belajar menjadi maksimal.
Penerapan permainan lacak kartu bilangan sangat cocok diterapkan pada operasi hitung bilangan cacah terutama pada operasi penjumlahan. Model permainan lacak kartu bilangan akan menggugah siswa kelas I SDN Kemasan 02 Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo untuk lebih mencintai matematika yang selama ini sulit dipahami dan kurang berhasil. Model permainan lacak kartu bilangan menanamkan konsep belajar dengan pemahaman tinggi serta menyenangkan melalui permainan yang menarik
Apakah model permainan lacak kartu bilangan dapat membuat siswa senang belajar berhitung ?
Apakah model permainan lacak kartu bilangan dapat meningkatkan kemampuan operasi hitung bilangan cacah ?
Masalah operasi hitung bilangan cacah siswa kelas I SDN Kemasan 02 Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo tahun pelajaran 2013/2014 tersebut digunakan model permainan lacak kartu bilangan yang direncanakan dalam tiga siklus.