Untuk memperoleh data yang valid mengenai motivasi dan hasil belajar IPS tentang gejala sosial di Indonesia dan negara tetangga pada siswa kelas VI SD Negeri Palur 03 semester I tahun pelajaran 2013/2014 yaitu:
1.Proses pembelajaran siswa (pengamatan) divalidasi dengan melalui trianggulasi sumber yaitu data berasal dari siswa, guru, dan kolaborasi teman sejawat. Data kualitatif hasil pengamatan menggunakan analisis deskriptif kualitatif berdasarkan pengamatan dan refleksi dengan membandingkan proses kondisi awal, siklus I dan siklus II.
2.Hasil belajar yang berupa nilai tes yang divalidasi adalah instrumen tes yang berupa butir soal dengan Content Validity diperlukan kisi-kisi soal. Data yang berupa angka (data kuantitatif menggunakan analisis deskriptif komparatif yaitu membandingkan hasil nilai tes kondisi awal, nilai tes siklus I, dan nilai tes siklus II kemudian direfleksi).
Prosedur Tindakan
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) atau biasa disebut Classroom Action Research dalam bahasa Inggris, yaitu penelitian yang dilakukan oleh guru di kelas atau di sekolah tempat mengajar, dengan penekanan pada penyempurnaan atau peningkatan praktik dan proses dalam pembelajaran (Susilo, 2007:16). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dan pada setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.