Pada era globalisasi yang menuntut kesiapan setiap bangsa untuk saling bersaing secara bebas, maka kualitas sumber daya manusia perlu ditingkatkan. Mata pelajaran IPS merupakan salah satu mata pelajaran yang dibutuhkan siswa dalam bidang pendidikan untuk menciptakan kualitas sumber daya manusia. Oleh karena dalam kehidupan bermasyarakat, pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting untuk menjamin perkembangan dan kelangsungan kehidupan, maka diperlukan peningkatan dan perbaikan pembelajaran. Pembelajaran IPS tentang kenampakan alam merupakan salah satu kompetensi yang harus dikuasai siswa. Namun dalam kenyataannya materi kenampakan alam merupakan masalah yang sulit bagi siswa Sekolah Dasar. Berdasarkan kenyataan minat dan hasil belajar IPS tentang kenampakan alam siswa kelas VI SD Negeri Mranggen 01 Semester I tahun pelajaran 2013/2014 masih rendah. Dari 20 siswa yang mendapat nilai tuntas di atas KKM 70 hanya ada 9 (45,00%) siswa dan yang mendapat nilai di bawah KKM ada 11 (55,00%) siswa, dengan nilai rata-rata kelas 66,25. Rendahnya minat siswa dalam belajar IPS dalam proses pembelajaran siswa tampak kesulitan, kurang aktif, belum ada kerjasama yang baik dengan temannya, dan tampak kurang senang dalam mengikuti pembelajaran.
Rendahnya hasil belajar IPS disebabkan pembelajaran didominasi guru yaitu kegiatan satu arah/terpusat pada guru, guru lebih banyak menerapkan metode ceramah, siswa hanya menghafal. Siswa belum dapat menggunakan dan menerapkan kompetensi yang diterima dalam kehidupan sehari-hari. Siswa cenderung belajar sendiri-sendiri sehingga siswa jarang menemukan jawaban permasalahan yang dipelajari yang menyebabkan siswa pasif.
Berdasarkan masalah diatas perlu adanya cara pemecahan masalah atau solusi tindakan yaitu perlu diadakan penelitian tindakan kelas. Penelitian diadakan dengan 2 siklus. Setiap siklus dilakukan dengan empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Tindakan siklus pertama melalui pemanfaatan alat peraga peta buta tanpa bimbingan guru dan siklus kedua melalui pemanfaatan alat peraga peta buta dengan bimbingan guru. Tindakan siklus pertama dan kedua digunakan untuk memperbaiki proses pembelajaran IPS tentang kenampakan alam bagi siswa kelas VI SD Negeri Mranggen 01 semester I tahun pelajaran 2013/2014.