Jurnal Pendidikan

  • Beranda
  • TK/PAUD
  • SD
  • SMP
  • SMA
  • SMK
  • Peraturan
  • Artikel
  • About
Home » 4 » SD » JURNAL PTK PENERAPAN PENDEKATAN STUDENT TEAM ACHIEVEMEN DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL PERKALIAN DAN PEMBAGIAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BAGI SISWA KELAS IV SD

JURNAL PTK PENERAPAN PENDEKATAN STUDENT TEAM ACHIEVEMEN DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL PERKALIAN DAN PEMBAGIAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BAGI SISWA KELAS IV SD

Penelitian dilaksanakan selama 5 bulan yaitu bulan Juli 2013 sampai dengan bulan November 2013. Penelitian dilakukan pada waktu itu karena materi yang berhubungan dengan permasalahan perkalian dan pembagian untuk siswa kelas IV masuk materi program semester I tahun pelajaran 2013/2014.
Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Gadingan 03 UPTD Pendidikan Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, dengan jumlah siswa 12 yang terdiri dari 6 laki-laki dan 6 perempuan.
Sumber dan Teknik Pengumpulan Data
Sumber data pada penelitian tindakan kelas ini ada dua yaitu data yang berasal dari subjek penelitian dan dari bukan subjek. Sumber data dari subjek penelitian merupakan sumber data primer yaitu tentang proses belajar siswa.
Alat Pengumpulan Data
1.Dokumen yang berupa daftar nilai/ laporan penilaian, pengolahan dan analisis hasil belajar siswa yang digunakan untuk mendapatkan data tentang hasil belajar kondisi awal siswa.
2.Tes, digunakan untuk mendapatkan data tentang hasil belajar siswa yang berupa butir soal.
3.Pengamatan, menggunakan lembar penilaian yaitu untuk mengetahui proses belajar mengajar tentang minat, kerjasama, keaktifan, dan suasana belajar.
Validitas Data dan Analisis Data
Untuk memperoleh data yang valid mengenai minat dan hasil belajar matematika tentang perkalian dan pembagian bagi siswa kelas IV SD Negeri Gadingan 03 semester I tahun pelajaran 2013/2014 yaitu:
1.Minat Proses pembelajaran siswa (pengamatan) divalidasi dengan melalui trianggulasi sumber yaitu data berasal dari siswa, guru, dan kolaborasi teman sejawat. Data kualitatif hasil pengamatan menggunakan analisis deskriptif kualitatif  berdasarkan pengamatan dan refleksi dengan membandingkan proses  kondisi awal, siklus I dan siklus II.


Unduh contoh file PTK pada tautan/ link berikut

Belum ada komentar untuk "JURNAL PTK PENERAPAN PENDEKATAN STUDENT TEAM ACHIEVEMEN DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL PERKALIAN DAN PEMBAGIAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BAGI SISWA KELAS IV SD"

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Langganan: Posting Komentar (Atom)
Diberdayakan oleh Blogger.
Copyright 2013 Jurnal Pendidikan - All Rights Reserved
by Mas Sugeng - Powered by Blogger Template Free