Berdasarkan Tabel dan Gambar grafik diatas diketahui hasil nilai ulangan harian bahasa Indonesia tentang membaca pemahaman siklus I pada siswa kelas IV SD Negeri Banaran 01 tahun pelajaran 2010/2011 masih ada 2 siswa (18%) yang dinyatakan belum tuntas, dengan nilai siswa terendah 50, nilai tertinggi 80 dan nilai rata kelas 67,7.
Siklus II merupakan revisi dari siklus I. Perencanaan tindakan yang telah disusun oleh peneliti bersama rekan kolaborator adalah dengan menggunakan pembelajaran model survey, read, recall, review (SQ3R) dengan bimbingan guru. Pembelajaran dilaksanakan dengan buku siswa dan sumber bacaan siswa selama 2x35 menit (2x pertemuan), dengan standar kompetensi: Memahami teks agak panjang (150-200 kata), petunjuk pemakaian, makna kata dalam kamus/ensiklopedi. Kompetensi dasar: Menemukan pikiran pokok teks agak panjang (150-200 kata) dengan cara membaca sekilas sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Materi yang disampaikan pada siklus II ini adalah materi membaca teks panjang yang merupakan lanjutan dari materi yang telah dibahas di siklus sebelumnya.
Hasil observasi tentang ketrampilan belajar siswa dalam membaca pemahaman pada Siklus II dapat dilihat pada tabel dan gambar grafik berikut.
>