Pelaksanaan pembelajaran baca tulis bahasa Indonesia pada anak TK Kencana Sari 02 Kelompok A tahun pelajaran 2012/2013 belum menggunakan metode penggunaan media E Wayang abjad kontekstual. Pada siklus I menggunakan metode penggunaan media E Wayang abjad kontekstual secara kelompok besar (1 kelompok 7-8 anak). Dilanjutkan siklus II menggunakan metode penggunaan media E Wayang abjad kontekstual secara kelompok kecil (1 kelompok 3-4 anak). Hal tersebut dimaksudkan untuk mengkombinasikan penggunaan metode agar anak lebih paham.
Kemampuan baca tulis bahasa Indonesia dari kondisi awal ke siklus II mengalami peningkatan, yaitu dari 3 anak (13%) yang memiliki kemampuan baik menjadi 22 anak (92%). Terjadi peningkatan sebanyak 19 anak (79%).
Sikap belajar dari kondisi awal ke kondisi akhir terdapat peningkatan. sikap belajar anak TK Kencana Sari 02 Kelompok A tahun pelajaran 2012/2013 dari siklus I ke siklus II terdapat peningkatan: aspek tekun (nilai rata-rata 3,4 menjadi 4,5, meningkat 1,1; persentase 63,0% menjadi 90,4%, naik 27,4%; dari kategori baik menjadi amat baik), aspek ingin tahu (nilai rata-rata 3,3 menjadi 4,2, naik 0,9; prosentase 64,4% menjadi 90,4%, naik 26%; dari kategori baik menjadi amat baik); dan aspek kerjasama (nilai rata-rata 3,7 menjadi 4,6, meningkat 0,9; persentase 70,4% menjadi 91,1%, naik 20,7%; dari kategori baik menjadi amat baik).