Berdasarkan rumusan masalah, hasil penelitian, dan pembahasan dalam penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) proses pembelajaran kompetensi senam irama melalui musik peserta didik lebih meningkat sesuai dengan indikator yang ditentukan yaitu: kreatif dalam gerakan pemanasan, gerakan inti, dan gerakan pendinginan; (2) terjadi peningkatan kompetensi senam irama pada peserta didik kelas III SDN Karangmojo 01 Weru Sukoharjo setelah mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan melalui musik. Banyak peningkatan dalam ketrampilan senam irama tersebut diketahui dari hasil prasiklus, siklus I, dan siklus II. Nilai rata-rata kemampuan senam irama prasiklus mencapai 72,45 atau berkategori cukup. Setelah dilakukan tindakan siklus I, nilai rata-rata kemampuan senam irama mengalami peningkatan sebesar 14,66% menjadi 74,21 atau berkategori cukup baik. Pada siklus II, nilai rata-rata tersebut mengalami peningkatan sebesar 54,55% menjadi 74,21 atau berkategori baik. (3) terjadi perubahan positif pada perilaku peserta didik terhadap pembelajaran senam irama menggunakan pendekatan musik. Berdasarkan hasil belajar pada siklus I, sebagian peserta didik masih kurang memperhatikan pada saat pembelajaran berlangsung.