Berdasarkan pembahasan/ diskusi di atas hasil penelitian yang berupa minat belajar dan hasil belajar siswa dapat dijelaskan sebagai berikut:
Dari kondisi awal ke kondisi akhir terdapat peningkatan tentang minat belajar siswa. Dari siklus I ke siklus II, terdapat peningkatan nilai rata-rata 71.66 menjadi 76.25 meningkat 4.59 dengan kriteria minat belajar siswa baik.
Dari kondisi awal ke kondisi akhir terdapat peningkatan tentang hasil belajar siswa. Dari siklus I ke siklus II, terdapat peningkatan nilai tertinggi 80 menjadi 90 meningkat 10. Nilai rata-rata 66.66 menjadi 79.58 meningkat 12.92 dengan kriteria minat belajar siswa baik, dari nilai tuntas 6 menjadi 12 meningkat 6 dan prosentase 50% menjadi 100% meningkat 50%.
Menurut teoretik dan empirik hasil penelitian tindakan kelas menggunakan model pembelajaran Think Pairs Share dapat disimpulkan sebagai berikut:
Minat siswa dalam proses pembelajaran matematika tentang KPK dan FPB siswa kelas IV SD Negeri Tambakboyo 03 Semester I Tahun Pelajaran 2010/ 2011 meningkat dari siklus I ke siklus II terdapat peningkatan yaitu meningkat dari kurang minat menjadi minat baik.
Melalui model pembelajaran Think Pairs Share dapat meningkatkan hasil belajar matematika tentang KPK dan FPB bagi siswa kelas IV SD Negeri Tambakboyo 03 Semester I Tahun Pelajaran 2010/ 2011. Dari kondisi awal ke kondisi akhir terdapat peningkatan yaitu 6 siswa (50%) yang mendapat nilai tuntas menjadi 12 siswa (100%) meningkat 6 siswa (50%). Nilai rata-rata dari 66.66 menjadi 79.58 meningkat sebesar 12.92.