Jurnal Pendidikan

  • Beranda
  • TK/PAUD
  • SD
  • SMP
  • SMA
  • SMK
  • Peraturan
  • Artikel
  • About
Home » 3 » SD » JURNAL PTK: ENINGKATAN KETERAMPILAN DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MENULIS PARAGRAF MELALUI PERMAINAN KARTU PADA SISWA KELAS III SD

JURNAL PTK: ENINGKATAN KETERAMPILAN DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MENULIS PARAGRAF MELALUI PERMAINAN KARTU PADA SISWA KELAS III SD


Tabel di atas menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dari kondisi awal ke siklus II mengalami peningkatan, yaitu dari 3 siswa (15%) yang mendapat nilai tuntas menjadi 20 siswa (100%). Terjadi peningkatan sebanyak 17 siswa (85%) dan nilai rata-rata kelas dari 58,5 menjadi 87,8, meningkat sebesar 29,3.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui permainan kartu dapat meningkatkan keterampilan menulis paragraf pada siswa Kelas III SD Negeri Cemani 03 Semester I tahun pelajaran 2010/2011 hasil penelitian menunjukkan bahwa dari kondisi awal ke kondisi akhir terdapat peningkatan tentang ketrampilan belajar. Keterampilan belajar menulis paragraf dari siklus I ke siklus II terdapat peningkatan: aspek pemahaman siswa (nilai rata-rata 3,5 menjadi 4,3, meningkat 0,8; persentase 69% menjadi 86%, naik 17%; dari kategori baik menjadi amat baik), aspek pengurutan (nilai rata-rata 3,6 menjadi 4,3, naik 0,7; prosentase 71% menjadi 86%, naik 15%; dari kategori baik menjadi amat baik); aspek penyusunan (nilai rata-rata 3,5 menjadi 4,3, meningkat 0,8; persentase 69% menjadi 85%, naik 16%; dari kategori baik menjadi amat baik)



Unduh file jurnal PTK pada link berikut

Belum ada komentar untuk "JURNAL PTK: ENINGKATAN KETERAMPILAN DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MENULIS PARAGRAF MELALUI PERMAINAN KARTU PADA SISWA KELAS III SD"

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Langganan: Posting Komentar (Atom)
Diberdayakan oleh Blogger.
Copyright 2013 Jurnal Pendidikan - All Rights Reserved
by Mas Sugeng - Powered by Blogger Template Free