Pencapaian kompetensi belajar mata pelajaran matematika yang belum sesuai dengan salah satu diantaranya adalah metode yang dipilih oleh guru dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran diupayakan pada kegiatan belajar yang bermakna melalui strategi pengajaran, diskusi, bekerja kelompok, dan memecahkan masalah serta menyimpulkannya. Berangkat dari latar belakang masalah, maka penelitian ini diajukan judul “Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Dengan Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas VI Semester 1 di SD Negeri Tegalsari 04, Weru, Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2008/2009”
Dari latar belakang masalah di atas dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut. “Apakah dengan penerapan model pembelajaran cooperative learning dengan tipe Jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar penguasaan Konsep Luas dan Volume pada siswa kelas VI semester 1 di SD Negeri Tegalsari 04,Weru Tahun Pelajaran 2008/2009?”