Jurnal Pendidikan

  • Beranda
  • TK/PAUD
  • SD
  • SMP
  • SMA
  • SMK
  • Peraturan
  • Artikel
  • About
Home » 5 » SD » SLB » JURNAL PTK: PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA TUNA GRAHITA KELAS V SLB

JURNAL PTK: PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA TUNA GRAHITA KELAS V SLB

Siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran IPS di SD/SDLB pada umumnya disebabkan oleh pendekatan yang digunakan guru kurang mendorong siswa untuk belajar secara kondusif. Penyajian materi pelajaran oleh guru cenderung monoton, guru cenderung lebih banyak berceramah dan kurang variatif, pelajaran bersifat abstrak dan teoritis sehingga siswa tidak aktif dan menimbulkan kebosanan, oleh karena itu dalam proses belajar IPS di SD/SDLB perlu kirannya dirancang keterlibatan siswa secara aktif.
Kondisi yang sama terjadi pula pada kelas V SLB Negeri Wonogiri. Berdasarkan hasil ulangan harian, jumlah siswa yang sudah mencapai batas tuntas belajar baru mencapai 40,00% dari 6 siswa yang ada. Kondisi tersebut diduga karena siswa kurang memahami apa yang disampaikan guru dalam pembelajaran.
Rendahnya kemampuan siswa dalam memahami konsep yang diajarkan guru ditunjukkan dengan rendahnya tingkat ketuntasan belajar siswa. Hasil ulangan harian pada semester I tahun pelajaran 2010/2011 untuk siswa kelas V menunjukkan bahwa dari 6 orang siswa yang ada, baru 2 orang atau 40,00% siswa yang memperoleh nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) sebesar 60. Hal ini berarti bahwa sekitar 4 orang siswa atau 60,00% harus mengikuti pembelajaran remedial.


Belum ada komentar untuk "JURNAL PTK: PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA TUNA GRAHITA KELAS V SLB"

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Langganan: Posting Komentar (Atom)
Diberdayakan oleh Blogger.
Copyright 2013 Jurnal Pendidikan - All Rights Reserved
by Mas Sugeng - Powered by Blogger Template Free