Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang merupakan salah satu aspek untuk menuangkan ide dalam bentuk tulisan. Menulis sebagai wujud kemahiran berbahasa mempunyai manfaat yang besar bagi kehidupan manusia, khususnya para siswa. Pada saat menulis, siswa dituntut berpikir untuk menuangkan gagasan secara tertulis berdasarkan pengetahuan yang dimiliki. Namun dalam kenyataannya kemampuan menulis pantun merupakan masalah yang sulit bagi siswa Sekolah Dasar. Berdasarkan kenyataan aktivitas dan kemampuan menulis pantun bagi siswa kelas IV SD Negeri Wirun 01 Semester I tahun pelajaran 2013/2014 masih rendah. Dari 14 siswa yang mendapat nilai tuntas di atas KKM 70 hanya ada 6 (42,86%) siswa dan yang mendapat nilai di bawah KKM ada 8 (57,14%) siswa, dengan nilai rata-rata kelas 67,64. Sedangkan dilihat dari kemampuan dalam menulis pantun siswa juga masih rendah, dimana saat siswa menulis patun antara sampiran dan isi yang dikemukakan belum nyambung dengan apa yang akan dibicarakan, siswa sulit dalam merangkai kata sampiran.