Penelitian dilaksanakan selama 6 bulan yaitu bulan September 2013 sampai dengan November 2013. Penelitian dilakukan karena kecerdasan bahasa anak kelompok A Paud TK Negeri Pembina Kecamatan Jebres, Surakarta semester I tahun pelajaran 2013/2014 masih rendah. Yang menjadi subjek penelitian tindakan kelas ini adalah anak-anak kelompok A Paud TK Negeri Pembina Kecamatan Jebres, Surakarta dengan jumlah 23 anak yang terdiri dari 13 anak laki-laki dan 10 anak perempuan.
Hasil penelitian melalui Metode Cooperative Learning tipe Group Investigation dapat meningkatkan kecerdasan bahasa anak kelompok A Paud TK Negeri Pembina Kecamatan Jebres dari siklus I ke siklus II dalam aktifitas pembelajaran 1). Aspek kerjasama dalam kelompok dapat diperoleh skor 100%. 2). Aspek Berbicara Lancar dapat diperoleh 14 ( 66% ) menjadi 22 (95%). 3). Aspek Kekayaan Kosakata memperoleh 13 (60% ) menjadi 21 (91% ). 4). Aspek Kemampuan Mengungkapkan Ide Cerita data diperoleh 12 (57% ) menjadi 21 (91%). 5). Aspek Menceritakan Gambar Secara Urut memperoleh 11 (52%) menjadi 21 (91%)