Jurnal Pendidikan

  • Beranda
  • TK/PAUD
  • SD
  • SMP
  • SMA
  • SMK
  • Peraturan
  • Artikel
  • About
Home » TK » JURNAL PTK: PENINGKATAN KECERDASAN BAHASA MELALUI METODE COOPERATIVE LEARNING PADA ANAK TK KELOMPOK A DI TK

JURNAL PTK: PENINGKATAN KECERDASAN BAHASA MELALUI METODE COOPERATIVE LEARNING PADA ANAK TK KELOMPOK A DI TK

Penelitian dilaksanakan selama 6 bulan yaitu bulan September 2013 sampai dengan November 2013. Penelitian dilakukan karena kecerdasan bahasa anak kelompok A Paud TK Negeri Pembina Kecamatan Jebres, Surakarta semester I tahun pelajaran 2013/2014 masih rendah. Yang menjadi subjek penelitian tindakan kelas ini adalah anak-anak kelompok A Paud TK Negeri Pembina Kecamatan Jebres, Surakarta dengan jumlah 23 anak yang terdiri dari 13 anak laki-laki dan 10 anak perempuan.
Hasil penelitian melalui Metode Cooperative Learning tipe Group Investigation dapat meningkatkan kecerdasan bahasa anak kelompok A Paud TK Negeri Pembina Kecamatan Jebres dari siklus I ke siklus II dalam aktifitas pembelajaran 1). Aspek kerjasama dalam kelompok dapat diperoleh skor 100%. 2). Aspek Berbicara Lancar dapat diperoleh 14 ( 66% ) menjadi 22 (95%). 3). Aspek Kekayaan Kosakata memperoleh 13 (60% ) menjadi 21 (91% ). 4). Aspek Kemampuan Mengungkapkan Ide Cerita data diperoleh 12 (57% ) menjadi 21 (91%). 5). Aspek Menceritakan Gambar Secara Urut memperoleh 11 (52%) menjadi 21 (91%)


Unduh file jurnal PTK disini

Belum ada komentar untuk "JURNAL PTK: PENINGKATAN KECERDASAN BAHASA MELALUI METODE COOPERATIVE LEARNING PADA ANAK TK KELOMPOK A DI TK"

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Langganan: Posting Komentar (Atom)
Diberdayakan oleh Blogger.
Copyright 2013 Jurnal Pendidikan - All Rights Reserved
by Mas Sugeng - Powered by Blogger Template Free